Selasa, 29 Mei 2012

I-SEV / MTronik Indosat

I-SEV (Indosat System Elektrik Voucher) adalah produk isi ulang elektronik bagi pelanggan kartu prabayar Indosat (Mentari, IM3, dan StarOne) yang mudah, aman dan ada di mana mana. Dengan menggunakan pengisian melalui SMS, transaksi dapat dilakukan dengan cepat, praktis, mudah dan aman tanpa perlu khawatir stok pulsa akan hangus pada masa berakhirnya pulsa voucher tersebut. I-SEV merupakan chip untuk isi ulang pulsa elektronik prabayar dari Indosat, dengan menggunakan handphone yang biasa kita pakai. Produknya adalah Mentari, IM3 dan Starone, dengan distribusi yang menggunakan sistem unit.

Untuk mendapatkan I-SEV dapat diperoleh dari dealer resmi yang telah ditunjuk oleh Indosat dimasing-masing regional. Dealer tersebut menyediakan Chip/Kartu I-SEV, bentuk kartunya sama seperti kartu yang biasanya digunakan oleh pelanggan untuk komunikasi dan untuk menggunakan chip/kartu I-SEV menggunakan handphone yang sehari-hari kita pakai. Dalam pembelian unit pulsa, biasanya dealer memberikan diskon kepada pengguna serta memberikan harga yang telah ditentukan.

Ketentuan umum untuk mendapatkan kartu I-SEV :
  • harga kartu Rp 25.000
  • wajib rutin nambah stok/deposit per minggu
  • total deposit per bulan tidak kurang dari Rp 500.000
  • kartu harus berada satu region/cluster dari dealer yang mengeluarkan I-SEV
  • bisa mengisi nomor di luar region (nasional)
  • aturan di atas secara umum, tentunya juga tergantung dari dealer masing-masing

Cara pemakaian dan bertransaksi:
Chip I-SEV terdapat menu M-Tronik, dalam sub menu M-Tronik yang terdiri dari Isi pulsa, Transfer, Optional.

Isi Pulsa:
Digunakan untuk mengisi pulsa dengan cara:
Pilih M-Tronik – Isi Pulsa – Masuk No. Handphone yang akan diisi – Pilih Jumlah pulsa – Pilih tipe pulsa – Masukkan PIN

Transfer:
Digunakan untuk mentransfer deposit ke outlet lain, cara:
Pilih M-Tronik – Masukkan No. Handphone Outlet – Masukkan nominal transfer – Masukan PIN.

Optional:
Dalam Optional terdapat sub menu:
- Inventori, terdiri dari:
Cek saldo, cara: Pilih M-Tronik – Pilih Optional – Inventori – Pilih Cek Saldo –
Masukkan PIN.

Transaksi hari ini, cara: Pilih M-Tronik – Pilih Optional – Inventori – Pilih
Transaksi hari – Masukkan PIN.

Laporan Transaksi, cara: Pilih M-Tronik – Pilih Optional – Inventori – Pilih
Laporan Transaksi – Isi tanggal – PIN.

- Ganti PIN, cara: Pilih M-Tronik – Pilih Optional – Ganti PIN – Masukkan PIN
Lama – PIN Baru.

Regionalisasi
Indosat dalam distribusi I-SEV memiliki peraturan regional, pendistribusian dibatasi oleh lintas daerah serta dengan harga yang berbeda. Ditiap-tiap daerah/provinsi terdapat mitra dealer yang ditunjuk oleh Indosat untuk pelaksanaan distribusi. Sistem yang digunakan adalah unit.

Dealer Indosat :
  • PT Trikomsel Multimedia
  • PT Nusapro Telemedia Mandiri
  • PT Sakalaguna Semesta
  • PT Panamedia
  • PT Dian Kencana Puri Prima
  • PT Grafika Utama
  • dan lain-lain

Senin, 28 Mei 2012

Penipuan MasterMkios

Saat ini, setelah berlakunya era hard cluster telkomsel, stok telkomsel jadi barang langka. Kalau pun ada harga jadi mahal. Nomor yang diisi dan chip mkios harus berada pada satu area (BTS sama). Ternyata kesulitan ini, bagi para penipu justru menjadi peluang untuk mencari korban. Targetnya jelas yaitu server ataupun kounter yang tergiur harga voucher telkomsel murah. Yang harusnya para korban bisa berpikir logis, di saat susah stok mana ada harga voucher yang sangat murah.

Salah satu contoh situs, yang indikasinya penipuan yaitu : http://mastermkios.at.ua
Dari situs penipu tersebut menawarkan stok telkomsel 5000 harga 4800 (regional), 4700 (nasional); untuk 10000 harga 9700 (regional), 9800 (nasional).

Benar-benar harga yang menggiurkan dan "merangsang nafsu", tapi ingat pesan BANG NAPI, "WASPADA WASPADALAH"

Berikut pengakuan korban dari MasterMkios (http://forum.djawir.com/feedback-testimonial-158/ditipu-mastermkios-ua-95087/) :
Tolong ane gan, ane di tipu mastermkios.at.ua awalnya ane iseng2 daftar di mastermkios.at.ua karna harganya sangat menggiurkan. Satu hari kemudian ane di hubungi 081289242424 intinya adalah untuk mengaktifkan m-kios regional ane harus trasfer uang dulu. Setelah ane transfer uang 500 ribu ke REK BRI 140501000612501 a/n Fajar Hidayat, ane di hubungi lagi katanya untuk proses mengaktifkan m-kios regional diperlukan pulsa vocher fisik Simpati 100ribu ane sudah beli dan menyebutkan kode vocher tersebuk ke si penipu katanya akan menjadi saldo anda juga. Setelah itu si penipu tersebut susah untuk di hubungi dan baru ane menyadari sudah tertipu. Ane langsung laporin ke Call Bri dan Call Telkomsel ke polisi belum ga ada uang untuk mengurusnya. Jadi agan2 tolong bantu ane untuk membalas perbuatan penipuan mastermkios.at.ua karna dia masih saja axis menipu, supaya tidak terjadi ane2 yang lainnya.

Ini juga laporan korban (http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20101222152633AAGsj8e):
Tolong bantu saya, saya di tipu www.mastermkios.at.ua?
Pada Tanggal 20 saya mendaftar m-kios online di web www.mastermkios.at.ua, setelah saya mendaftar saya di telpon 081289242424 mengatasnamakan kariawan www.mastermkios.at.ua dan katanya untuk proses aktifasi m-kiosnya harus trasfer 500 ribu ke Bank BRI no rekening 140501000612501 a/n Fajar Hidayat. Stelah saya trasfer katanya sedang ada ganguaan dengan m-kios regularnya jadi harus pindah ke m-kios nasional jadi harus trasfer lagi 500ribu, katanya kalau mau tetap di regular harus tunggu 1-2 hari setelah saya tunggu tetap tidak di aktifkan juga dan malah susah untuk di hubungi. Jadi tolong para server pulsa dan yang lainnya untuk membantu saya karna www.mastermkios.at.ua masih saja axis menipu orang supaya tidak ada yang mengalami seperti saya.

Semoga dengan postingan ini, sudah tidak ada korban lagi. Dan penipu saya doakan cepat kaya sehingga tidak menipu lagi dan sadar sehingga mau mengembalikan uang para korban.

Catatan : Saat ini konten dari www.mastermkios.at.ua sudah dihapus. Tindakan yang bagus dan patut dipuji, sehingga tidak ada korban berikutnya. Namun tidak menutup kemungkinan akan muncul situs-situs baru dengan modus operasi yang sama.

Jumat, 25 Mei 2012

HLR TELKOMSEL SELURUH INDONESIA (LENGKAP)

Berikut daftar HLR Telkomsel seluruh Indonesia. Sudah lengkap, nomor baru telkomsel prefix 0823 sudah masuk di dalamnya. Meski penggunaan HLR kurang relevan saat ini, karena cluster telkomsel bukan didasarkan pada HLR melainkan pada posisi BTS. Namun setidaknya penggunaan HLR cukup untuk mengurangi transaksi outer.


HLR Jawa Timur (JATIM)
081130,081131,081132,081133,081134,081135,081136,081137,081216,081217,081230,081231,081232,081233,081234,081235,081249,081252,081259,081330,081331,081332,081333,081334,081335,081336,081357,081358,081359,085230,085231,085232,085233,085234,085235,085236,085257,085258,085259,085330,085331,085334,085335,085336,082131,082132,082139,082140,082141,082142,082143,082330,082331,082332,082333,082334,082335,082336,082337,082338,082228,082229,082230,082231,082232,082233,082234,082264

HLR Jawa Tengah (JATENG)
0812032,0812056,0812060830,0812072,0812083,0812250,0812251,0812252,0812253,0812254,0812255,0812256,0812257,081228,0812290,0812291,0812292,0812293,081325,081390,085225,0852260,0852261,0852262,0852263,0852264,085290,08530024,08530286,08530291,08530292,08530294,08530295,08530296,08530298,085325,0853260,0853261,0853262,0853263,0853264,0853265,0853266,0853267,0812023,0812054,0812150,0812151,0812152,0812153,0812154,0812258,0812259,0812260,0812261,0812262,0812263,0812264,0812265,0812268,0812297,0812298,081329,081393,085229,085293,08530271,08530272,08530273,08530276,085329,0812155,0812156,0812157,0812158,0812159,0812269,081227,0812294,0812295,0812296,081328,081392,085228,085292,08530274,08530275,08530293,085328,0812266,0812267,0812299,081327,0813910,0813911,0813912,0813913,0813914,0813915,0813916,085227,0852910,0852911,0852912,0852913,0852914,0852915,0852916,0852917,0852918,0852919,08530281,08530282,08530287,085327,0813917,0813918,0813919,0852265,0852266,0852267,0852268,0852269,08530283,08530284,08530285,0853268,0853269,0813260,0813261,0813262,0813263,0813264,0813265,0813266,0813267,0813268,0813269,082133,082134,082135,082136,082137,082138,082322,082323,082324,082325,082326,082327,082328,082329,082220,082221,082222,082223,082224,082225,082226,082227,082265

HLR Jawa Barat (JABAR)
085314,085315,085316,085317,085318,085319,085320,085321,085322,085324,085351,085352,082214,082215,082218,082219,082262,082263,082315,082316,082317,082320,082321,082115,082116,082117,0821265,0821266,0821267,0821268,0821269,082127,082128,082129,082130,085220,085221,085222,085224,085294,085295,0813120,0813121,0813122,0813123,0813124,0813130,0813131,0813132,0813133,0813134,0813135,081320,081321,081322,081324,081394,081395,081214,081220,081221,0812220,0812221,0812222,0812223,0812224,0812225,0812226,081223,081224,081120,0811213,0811214,0811215,0811216,0811217,0811218,0811219,081122,081123,081124

HLR Telkomsel JABODETABEK
081110,081111,081112,081113,081114,081115,081116,081117,081118,081119,081180,081181,081182,081183,081184,081185,081186,081187,081188,081189,081190,081191,081192,081193,081194,081195,081196,081197,081198,081199,081210,081211,081212,081213,081218,081219,081280,081281,081282,081283,081284,081285,081286,081287,081288,081289,081290,081291,081292,081293,081294,081295,081296,081297,081298,081299,081310,081311,081314,081315,081316,081317,081318,081319,081380,081381,081382,081383,081384,081385,081386,081387,081388,081389,081398,081399,085210,085211,085212,085213,085214,085215,085216,085217,085218,085219,085280,085281,085282,085283,085284,085285,085286,085287,085288,085289,085310,085311,085312,085313,085319,082110,082111,082112,082113,082114,082122,082123,082124,082125,082310,082311,082312,082313,082314,082210,082211,082212,082213,082260,082261,082298,082299

HLR Telkomsel Area Sumatera Bagian Utara (SUMBAGUT), medan, aceh
0812026,0812036,0812037,0812047,0812060470,0812067,0812076,0812078,081260,081263,081264,081265,0813060760,081361,0813620,0813621,0813622,0813623,0813624,081370,081375,081376,081396,081397,085261,085262,085270,085275,085276,085296,085297,08530061,08530621,08530622,08530623,08530624,08530626,08530627,08530628,08530630,08530631,08530632,08530633,08530634,08530636,08530639,085361,085362,08126275,08126276,08126277,08126278,08126279,0812016,0812044,0812620,0812621,0812628,0812629,0812622,0812623,08126270,08126271,08126272,08126273,08126274,0812626,0812624,0812625,0812059,081269,081360,0813625,0813626,0813627,0813628,0813629,0813770,0813771,0813772,0813773,0813774,085260,085277,08530629,08530641,08530642,08530643,08530644,08530645,08530650,08530651,08530652,08530654,08530655,08530656,08530658,08530659,085360,085380,0812075,0813060750,0812063,0812069,0812082,0812088,081268,0812683,0812751,0812752,0812753,0812754,0812755,0812756,0812757,0812758,081276,0813650,0813652,0813653,0813654,0813655,0813656,0813657,0813658,0813659,081371,081378,0852650,0852652,0852653,0852654,0852655,0852656,0852657,0852658,0852659,085271,085278,08530760,08530761,08530762,08530764,08530765,08530766,08530767,08530768,08530769,085365,0812750,0812759,0813651,0852651,081261,081270,081277,081364,081372,085264,085364,085272,08530771,08530773,08530776,08530777,08530778,0812750,0812759,0813651,085265,082360,082361,082362,082363,082364,082365,082366,082367,082368,082369,082370

HLR Telkomsel Sumater Bagian Tengah (SUMBAGTENG) padang, pekanbaru, batam
0812009,0812055,081274,081366,085266,08530740,08530741,08530742,08530743,08530744,08530745,08530746,08530747,08530748,085366,0812008,0812021,0812062,0812070,0812660,0812661,0812662,0812663,0812664,0812665,0812666,0812667,0812668,081267,081363,081374,085263,0852630,0852631,0852632,0852633,0852634,0852635,0852636,0852637,0852638,0852639,085274,08530751,08530752,08530753,08530754,08530755,08530756,08530759,085363,081266,082381,082382,082383,082384,082385,082386,082387,082388,082389,082390,082391,082392

HLR Telkomsel Sumatera Bagian Selatan (SUMBAGSEL): Lampung, Palembang, Jambi, Bengkulu
081171,081172,081173,081174,081178,081179,081271,081272,081273,081274,081278,081279,081366,081367,081368,081369,081373,0813775,0813776,0813777,0813778,0813779,081379,085266,085267,085268,085269,085273,085279,085357,085366,085367,085368,085369,085377,085378,085379,085380,085381,085382,085384,0821749,082175,082176,082177,082178,082179,082180,082181,082182,082183,082184,082185,082186,082371,082372,082373,082374,082375,082376,082377,082378,082379,082380,082269,082278,082279,082280,082281,082282

HLR Bali dan Nusa Tenggara (BALINUSRA)
0812003,0812025,081236,0812380,0812381,08123822,08123823,08123824,08123825,08123826,08123827,08123828,08123829,0812383,0812384,0812385,0812386,0812387,0812388,0812389,081239,081246,081337,081338,0813530,0813531,0813532,0813533,085237,085238,08530361,08530362,08530363,08530365,08530366,085337,085338,0812074,0812370,0812371,0812372,0812373,0812374,0812375,0812376,0812377,0812378,0813395,0813396,0813397,0813398,0813399,0813534,0813535,0813536,0852395,0852396,0852397,0852398,0852399,0852535,0852536,0852537,0852538,0852539,08530370,08530371,08530372,08530373,08530374,08530376,0853395,0853396,0853397,0853398,0853399,08123820,08123821,0812379,0813390,0813391,0813392,0813393,0813394,0813537,0813538,0813539,0852390,0852391,0852392,0852393,0852394,0852530,0852531,0852532,0852533,0852534,0853390,0853391,0853392,0853393,0853394,08530380,08530381,08530382,08530383,08530384,08530385,08530386,08530387,08530388,08530389,082144,082145,082146,082147,082339,082340,082341,082342

HLR Telkomsel Area Kalimantan
081150,081151,081152,081153,081154,081155,081156,081157,081158,081159,081250,081251,081253,081254,081255,081256,081257,081258,081345,081346,081347,081348,081349,081350,081351,081352,085245,085246,085247,085248,085249,085250,085251,085252,085332,085345,085346,085347,085348,085349,085350,085386,085387,085388,085389,085390,085391,085392,085393,082148,082149,082150,082151,082152,082153,082154,082155,082156,082157,082158,082159,082349,082350,082351,082352,082353,082354,082355,082356,082357,082358,082359,082250,082251,082252,082253,082254,082255,082256,082257

HLR Telkomsel Area Sulawesi
081140,081141,081142,081143,081144,081145,081146,081147,081149,081240,081241,081242,081243,081244,081245,081247,081340,081341,081342,081343,081354,081355,081356,085240,085241,085242,085243,0852448,0852449,0852548,0852549,085298,085299,085340,085341,085342,085343,082187,082188,082189,082190,082191,082192,082193,082194,082195,082196,082343,082344,082345,082346,082347,082348,082349,082393,082394,082395,082396

HLR Telkomsel Area Maluku,Papua
081148,081248,081344,0852440,0852441,0852442,0852443,0852444,0852445,0852446,0852447,0852540,0852541,0852542,0852543,085344,085354,082169,082170,082171,082172,082172,082174,082397,082398,082399

Korban penipuan bisa minta blokir rekening penipu

Korban penipuan melalui transfer bank sekarang bisa meminta bank untuk memblokir rekening pelaku dan mengembalikan dana korban jika pelaku tidak memberikan keterangan identitasnya kepada bank.

Mediator Madya Senior Direktorat Investigasi dan Mediasi Perbankan Bank Indonesia Sondang Martha Samosir di Jakarta Senin (20/12/2010) mengatakan bahwa mengenai blokir rekening itu merupakan salah satu keputusan Komite Bye Laws dan Bank Indonesia untuk melindungi nasabah perbankan.

“Aturan Bye Laws mengenai hal ini sudah berjalan sejak Desember 2009, yang ditujukan untuk melindungi nasabah perbankan yang menjadi korban kejahatan atau penipuan dengan mentransfer dana melalui bank,” katanya.

Dikatakannya, dengan aturan teknis bersama (bye laws) pelaku perbankan ini, maka nasabah yang merasa tertipu dengan mengirim dana melalui transfer, bisa langsung meminta pada bank yang digunakan pelaku penipuan untuk diblokir.

Dengan aturan ini, bank akan segera menghentikan sementara rekening pelaku sambil meminta surat laporan dari kepolisian sambil melakukan verifikasi atas laporan korban.

Setelah bank melakukan identifikasi pada pemilik rekening pelaku dan ternyata setelah beberapa kali panggilan pelaku tidak hadir maka, bank bisa memutuskan untuk mengembalikan dana korban.

Sondang menjelaskan, aturan ini juga berlaku bagi kejahatan lain seperti card trapping atau card skimming dan kejahatan lain yang termasuk cyber crime yang dilakukan melalui transfer dana dari rekening korban kepada rekening pihak lain secara melawan hukum. “Tapi untuk korban penipuan dengan uang tunai kami tidak bisa bantu,” katanya.

Aturan yang dikeluarkan Komite Bye Laws ini, lanjutnya merupakan terobosan hukum untuk membantu nasabah dengan memblokir, mengembalikan dana dan penutupan rekening.

“Namun bank tetap menerapkan prinsip kehati-hatian untuk mitigasi risiko hukum dengan melakukan investigasi dengan cara meneliti profil transaksi nasabah, mengunjungi alamat nasabah dan identitas nasabah,” katanya.

Pengaturan pemblokiran rekening ini, katanya merupakan turunan dari berbagai aturan yang ada seperti undang-undang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dan undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Data yang diterima BI dari 10 bank, sejak 2007 sampai pertengahan 2010 terdapat 15.097 kasus penipuan melalui bank dengan total dana sekitar Rp86.755 miliar. “Total dananya bisa lebih dari itu, karena beberapa bank hanya melaporkan kasusnya tapi tidak menyebutkan jumlah dananya,” katanya.

Langkah-langkah untuk melaporkan tindakan penipuan :
  1. Siapkan bukti transfer dalam bentuk apapun.
  2. Siapkan nomor rekening dan segala data-data si penipu.
  3. Telpon CS bank yang anda gunakan saat mentransfer uang, laporkan tindakan penipuan ini. (bank akan memberitahukan dokumen apa saja yang diperlukan)
  4. Minta pihak bank memblokir nomor rekening si penipu. (biasanya diberikan waktu 1×24 jam untuk menyerahkan surat polisi & bukti transfer)
  5. Datang kekantor polisi, ceritakan kronologis kejadiannya. Bayar administrasi 10ribu-20ribu.
  6. Datang ke bank terdekat, serahkan segala dokumen yang diperlukan.
  7. Rekening si penipu akan diblokir.
  8. …… langkah selanjutnya tidak akan dituliskan disini, biar si penipu akan tertangkap

dikutip dari : JAKARTA, KOMPAS.com (July 30, 2011)

Kamis, 24 Mei 2012

Pengawatan Meteran Pra bayar dan Muncul Tanda Periksa

Karakteristik Meter Prabayar (MPB)

MPB mempunyai karakteristik yang sangat berbeda dengan kWh-meter model lama. Selain menggunakan teknologi digital (yang model lama berteknologi analog dan piringan berputar), dengan aplikasi mikroprosessor, MPB ini juga dilengkapi Contact Relay di dalam meter yang berfungsi memutuskan arus listrik. Jadi bisa saja listrik di rumah padam karena sesuatu masalah, tetapi MCB tidak trip.

Selain itu, MPB juga melakukan pengukuran pemakaian daya listrik dengan sensor arus listrik pada sisi kabel phase dan netral-nya. Arus phase yang masuk ke instalasi rumah harus sama dengan arus netral yang keluar. Jika terjadi perbedaan atau jika hanya salah satu penghantar saja (netral atau phase) yang mengalirkan arus listrik, maka MPB akan memunculkan alarm.

Seringkali munculnya alarm ini adalah karena cara pengawatan atau penyambungan kabel netral dan grounding pada MPB dan MCB Box yang tidak sesuai. Penyambungannya harus pada titik yang benar. Jika tidak, sangat besar kemungkinan terjadi aliran arus pada kabel netral yang melewati MPB bahkan disaat pelanggan tidak menggunakan energi listrik sama sekali di rumahnya. Akibatnya sensor arus netral akan mendeteksi seolah-olah ada pemakaian dan tentunya bisa merugikan konsumen.

Bila kasus ini terjadi, MPB akan memunculkan tulisan “PERIKSA” dan gambar “TANGAN”. Artinya ada masalah dengan grounding dan netral-nya pada sistem instalasi listrik di rumah tersebut.

Pertanyaannya : Kok bisa ya ada arus netral mengalir walaupun tidak ada pemakaian listrik sama-sekali?

Nah..kita simak penjelasan yang agak teoritis ini :


Penjelasan sistem 3 phase dan 1 phase
PLN mempunyai Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 380V yang disuplai oleh Trafo Distribusi 20kV/380V dengan sistem listrik 3 phase, yang menyebarkan daya listrik ke perumahan. Sisi tegangan rendah trafo (380V) yang menyuplai ke perumahan mempunyai sistem 3 phase yang terhubung bintang ( Y-connection) dengan titik netral yang di-ground-kan ke tanah. Bila beban listrik pada sistem 3 phase tadi seimbang maka titik netral ini mempunyai nilai nol Ampere.

Tetapi jika system 3 phase PLN itu (yang menyuplai ke perumahan) mengalami ketidakseimbangan beban listrik, maka akan ada arus listrik melewati penghantar netral (nilainya tidak 0 Ampere lagi). Arus netral inilah yang mengalir ke perumahan, kearah MPB dan melewati grounding dari instalasi listrik rumah untuk kembali lagi ke grounding titik netral di trafo distribusi tadi (arus listrik selalu membentuk loop tertutup).

Kalau masih dirasa njlimet, coba simak lagi penjelasan singkatnya :

Pada intinya, bila terjadi ketidakseimbangan beban listrik pada trafo distribusi yang menyuplai listrik ke rumah kita, maka akan terjadi arus netral yang masuk ke sistem instalasi rumah, walaupun tidak ada sama sekali pemakaian energi listrik di rumah itu. Arus netral tadi sebenarnya ingin mengalir menuju tanah melewati jalur grounding instalasi listrik rumah untuk kembali lagi ke titik netral di trafo distribusi tadi (sehingga membentuk loop).
$0D
Nah…kondisi ini yang harus dicermati agar arus netral yang menyelinap itu tidak sampai melewati MPB.

Jika masih bingung, harap terima aja dulu yah…atau silahkan baca dalam artikel selanjutnya yang lebih detail (“Sistem Listrik 3-Phase).

Jadi..Bagaimana menghindari hal ini?

Yah…setidaknya kita harus memahami cara pegawatan MPB yang benar dan di MCB Box. Mari…silahkan lanjut terus….

Pengawatan Meter Prabayar.

Pengawatan MPB yang benar harus seperti gambar dibawah ini. Warna hitam adalah penghantar phase, warna biru adalah penghantar netral dan warna hijau adalah penghantar grounding.

Gambar : Pengawatan MPB dengan Titik Ground pada MCB Box

Kabel Netral dan kabel grounding harus disambung di titik sebelum MPB dan harus terpisah total setelah MPB. Sedangkan posisi grounding rod-nya sendiri (yang tertanam di tanah) bisa berada lebih dekat ke MPB atau MCB Box.

Sisi sebelah kiri (P-N, dengan N ditanahkan) adalah bagian dari Trafo Distribusi PLN yang netral-nya ditanahkan. Sedangkan yang paling kanan adalah stop kontak.

Gambar : Pengawatan MPB dengan Titik Ground di kWh-Meter

Seperti penjelasan sebelumnya, saat terjadi ketidakseimbangan beban pada trafo distribusi, akan ada arus netral yang mengalir kearah MPB. Walaupun saat itu tidak ada pemakaian energi listrik di rumah (MCB “OFF”). Dengan pengawatan yang seperti ini, maka arus netral penyelinap tadi bisa dialirkan ke grounding tanpa melewati MPB (lihat gambar dibawah ini) :

Gambar : Arus Netral ke kWh-Meter Saat Terjadi Beban 3 Phase Tidak Seimbang

Gambar : Arus Netral ke kWh-Meter Saat Terjadi Beban 3 Phase Tidak Seimbang


Munculnya Tanda “PERIKSA”

Bila ada sambungan antara kabel grounding dan netral pada titik setelah MPB, seperti pada pengawatan seperti di bawah ini, maka arus netral penyelinap tadi bisa mengalir melewati MPB. Walaupun konsumen sama sekali tidak menggunakan energi listrik dan juga posisi MCB “OFF”. Arus netral penyelinap seperti ini `kan mengakibatkan sensor arus netral MPB mengukur seolah-olah ada pemakaian dan bisa merugikan konsumen. Karena itu di MPB akan muncul tulisan “PERIKSA” dan gambar “TANGAN”.

Kabel netral dan ground disambung kembali pada MCB Box, akibatnya ada sebagian arus netral yang mengalir melewati MPB.

Gambar : Arus Netral Dari Beban 3 Phase Tidak Seimbang Melewati MPB Karena Ground-Netral Tersambung di MCB Box


Sedangkan pada gambar berikut ini, kabel ground dan netral disambung pada titik setelah MPB. Akibatnya arus netral yang tidak diinginkan tadi bisa melewati MPB.

Gambar : Arus Netral Dari Beban 3 Phase Tidak Seimbang Melewati MPB Karena Ground-Netral Tersambung di MCB Box


Untuk kasus lain lagi, ground dan netral dihubungkan di MPB tapi pada titik keluar terminal netral. Sehingga arus netral penyelinap tersebut masih melewati sensor MPB.

Gambar : Arus Netral Dari Beban 3 Phase Tidak Seimbang Melewati MPB Karena Ground-Netral Tersambung di Titik Keluar Netral MPB


Mengatasi Tanda “PERIKSA”

Bila tulisan “PERIKSA” tadi masih berkedip-kedip, maka masih ada ground yang terhubung ke netral (masih belum murni terpisah). Bisa diperiksa pada MPB atau MCB Box.
Jika pengawatan MPB sudah sesuai dengan petunjuk pada gambar diatas, tetapi masih muncul tulisan “PERIKSA”, maka kemungkinan ada terjadi hubungan ground dan netral pada alat listrik atau beban listrik, misal : komputer, AC atau TV. Salah satu caranya : coba lakukan pemutusan satu persatu alat listrik atau beban listrik tadi, apakah tulisan “PERIKSA” tadi tidak berkedip-kedip atau hilang (sudah clear). Jika ada ditemukan hal seperti itu, kemungkinan alat listrik tadi mengalami masalah dan harus diperiksa.
Jika tidak ada peralatan listrik yang bermasalah, kemungkinan berikutnya adalah pada sistem instalasi listriknya. Hal yang paling mudah dilakukan adalah memeriksa sambungan pada stop kontak. Bila merasa kesulitan atau khawatir kesetrum, lebih baik memanggil instalatir listrik yang kompeten.
Jika tulisan “PERIKSA” tadi sudah tidak berkedip lagi, artinya ground dan netral sudah “bersih”. Kita bisa menghubungi PLN untuk meminta clear tamper token agar bisa mereset tulisan tadi.

Sumber : http://www.instalasilistrikrumah.com/pengawatan-meter-prabayar-dan-munculnya-tulisan-"periksa"/

Penggunaan Token Listrik

KWH SISTEM PULSA ( TOKEN ) Tak jauh beda dengan HP namun pulsa tidak otomatis masuk ke KWH, melainkan Konsumen secara manual memasukan token voucher ke KWH tersebut.

Simulasinya seperti beli Voucher Fisik yaitu: Pelanggan datang ke tempat penjualan pulsa listrik Stroom Prabayar Tunjukkan ID card atau nomor seri kWh meter kepada petugas penjual Stroom Prabayar (nomor seri meter terdiri dari 11 digit angka) Lakukan pembayaran sejumlah Stroom Prabayar yang akan dibeli Petugas penjualan Stroom Prabayar akan memberikan Voucher listrik berupa 20 digit token kepada pelanggan

Pastikan bahwa nomor seri kWh meter yang tertera pada voucher Stroom Prabayar sama dengan nomor seri kWh meter yang terpasang Masukkan 20 digit Stroom Prabayar yang sudah dibeli kedalam kWh meter dengan menggunakan keypad meter diakhiri dengan tombol Enter Key

Jika melakukan kesalahan dalam menekan tombol keypad, dapat dihapus dengan menggunakan tombol Backspace Key Jika 20 digit Stroom Prabayar sudah dimasukkan dengan benar, LCD meter akan menunjukkan BENAR Lalu meter akan menampilkan jumlah kredit yang dimasukkan dan akan menampilkan jumlah total kredit yang dimiliki.

Senin, 21 Mei 2012

SmartFren "latah ikut" Hard Cluster

Terhitung mulai 16 April 2012, chip Smartfren tidak dapat melakukan pengisian ulang pulsa elektrik Smartfren di luar area cluster pengisian chip terkait. Kebijakan smartfren ini ikut-ikutan telkomsel yang terlebih dahulu menerapkan hard cluster.

Kebijakan ini jelas menggangu penyedia server dalam penyediaan stok. Kesulitan yang paling banyak dialami oleh server pulsa adalah kurangnya informasi HLR (Home Location Register) sehingga sulit untuk mengetahui dengan pasti tujuan area dari suatu transaksi tertentu.

Sementara itu stok Smartfren (yang katanya) nasional, sering gagal jika untuk mengisi nomor smartfreen lokal. Jadi nomor lokal harus diisi oleh chip lokal.

Sebagai Info:

Ketentuan Eload Smartfren “Roaming Policy” berlaku pertgl 16 April 2012.
  1. Retailer/outlet tdk diperkenankan melakukan “Cross Regional Topup” (Transaksi Keluar Region) Smartfren akan “LOCK” by MDN.
  2. Utk antisipasi pelanggan dr Region lain maka RS akan diberikan toleransi transaksi sebanyak 30 kali atau Max Rp.500.000,- per bulan (mana yg dicapai terlebih dahulu).
  3. MDN yg sdh dialokasikan dî Satu Regional TIDAK DAPAT digunakan dî Regional lain.
  4. Penambahan MDN utk Eload (downline) hanya dpt dilakukan berdasarkan alokasi dmn jumlahnya sesuai dgn kebutuhan & sdh disetujui oleh Smartfren.
  5. Retailer (RS) tdk dapat mengganti MDN Eload.
  6. Utk keluhan dgn Eload dpt hub (888 dr MDN Smartfren)

HLR SMARTFREN JABODETABEK
08811, 088121, 088123, 088125, 088153, 088156, 088158, 088161, 088168, 088174, 088175, 088180, 088181, 088188, 088199, 088210, 088211, 088212, 088113, 08822400, 08822401, 08822402, 08822403, 08822404, 08881, 08888, 088976, 088808, 088977, 088975, 088890, 088896, 0888090, 0888091, 0888092, 0888097, 0888098, 0888099, 088913, 088914, 088915,088916, 088923, 088925, 088926, 088920, 088921, 088922, 088965, 088892, 088861, 088891, 0888950, 0888965, 088897, 088898, 088899, 0889125, 0888010, 0888011, 0888013, 0889127, 08890112, 0889012, 08890111, 08880960, 08880965, 08890110, 08890115


HLR SMARTFREN JATENG
088137, 088138, 088139, 088164, 088186, 088167, 088141, 088124, 088165, 088166,088176, 088126, 088127, 088185, 088128, 088129, 088142, 0881875, 0881876, 0881877,0881878, 0881879, 0882150, 0882151, 0882152, 0882153, 0882154, 0882155, 08821590,08821591, 08821592, 08821593, 08821594, 0882160, 0882161, 0882162, 0882163, 0882164, 0882165, 0882166, 0882167, 088983, 088988, 088980, 088985, 088981, 0888265, 0888402, 0888665, 0888066, 08880690, 08890129, 088824,088825, 088839, 088864, 088865, 0888540, 08890125, 0889175, 0888068, 0888061, 0888060, 0888027, 0888028, 0888019, 0888024, 0888025, 0888039, 0888062, 0888064, 0888065, 088924, 0889170, 088933, 088934, 088935, 0889012, 088829, 088841, 088867, 0888567, 0888597, 088868, 088869,088827,088828,0888026, 088866, 088859, 0888400, 0888260, 08890128, 0889178, 0888029


HLR SMARTFREN JATIM
088197, 088198, 088192, 088134, 088169, 088163, 088160, 088131, 088132, 088135, 088150, 088190, 088191, 088193, 088194, 088195, 088196, 088217, 088143, 088133,088155, 088162, 088149, 088162, 088170, 088171, 088173, 088134, 088184, 0882280,088179, 08821680, 08821681, 08821682, 08821683, 08821684, 088990, 088995, 088992,088996, 088999, 088836, 088871, 088834, 088870, 088833, 088838, 088830, 088831,088832, 088835, 088837, 08885, 088848, 088849, 0888405, 0888036, 08890107, 0889900,0888034, 088805, 08890109, 0888033, 0888038, 0889187, 08890105, 0888014,0888015,0888016, 0888017, 0888030, 0888031, 0888032, 0888035, 0888037, 0888048,0888049,0889180, 088930, 088931, 088932, 08890100, 0888405

Catatan : Sejak Juni 2012, kebijakan HardCluster oleh Smartfren mulai mengendur. Chip SmartFren dapat mengisi pulsa di luar cluster-nya tanpa ada pembatasan. Catatan lagi, rupanya bebas cluster hanya sementara, Juli 2012 sdh main cluster lagi.