Selasa, 12 Juni 2012

Pencurian Pulsa Oleh SmartFren

Beberapa waktu lalu, marak pencurian pulsa telepon seluler. Menkominfo sudah berjanji akan menertibkan. Baru-baru ini, saya mengalami pencurian pulsa pada modem internet Smartfren. Kasus pertama, tanggal 26 Januari 2012 pada pukul 17.10 WIB. Sebelum melakukan koneksi ke internet, saya cek kuota internet.

Berdasarkan SMS dari Smartfren, kuota masih 61.523 KB. Pada pukul 18.22 WIB, saya terima SMS kedua dari Smartfren, "Kuota akses Anda sudah hampir habis. Pemakaian selanjutnya akan dikenakan tarif reguler". Saat itu juga saya hentikan koneksi ke internet, lalu saya cek pulsa. Saya terima SMS ketiga pukul 18.24 WIB dari Smartfren, "Pulsa Anda Rp 31.954". Padahal, sebelumnya sekitar Rp 50.000.

Saya menanyakan masalah itu ke operator Smartfren dan dijelaskan bahwa terhitung sejak pukul 14.22 WIB kuota internet saya sudah habis, selanjutnya saya dikenakan tarif reguler sebesar Rp. 20.000. Saya bantah, berdasarkan SMS yang saya terima pukul 17:10 WIB (SMS pertama), kuota saya masih 61.523 KB.

Smartfren melakukan kecurangan dengan adanya perbedaan data antara pihak Smartfren yang mencatat kuota habis pada pukul 14.22 WIB dan SMS yang dikirimkan ke pelanggan yang menyatakan pukul 17.10 WIB kuota masih 61.523 KB dan pukul 18.22 WIB kuota hampir habis. Kasus kedua, pada tanggal 27 Februari 2012 pukul 14.45 WIB, saya mengisi pulsa Rp 50.000 sehingga saldo pulsa Rp 54.974 dan mendapat bonus akses internet 1 GB berdasarkan SMS Smartfren dari nomor 888.

Pada tanggal Maret 2012 pukul 11.28 WIB, saya cek kuota akses internet masih 186.089 KB berdasarkan SMS Smartfren dari nomor 995. Dua jam kemudian, pukul 13.40 WIB, saya terima dua SMS dari Smartfren. SMS pertama dari nomor 123, "Kuota Akses internet Anda sudah hampir habis. Pemakaian selanjutnya akan dikenakan tarif reguler." Dan SMS kedua dari nomor 388, "Silahkan isi ulang pulsa Anda sebelum habis.

Saat ini pulsa Anda Rp 4.261". Ini berarti dua jam akses internet berakibat kuota akses internet hampir habis dan dilakukan pemotongan pulsa diam-diam sebesar Rp 50.713. Atas peristiwa tidak nyaman ini, mohon Kementerian Kominfo mengaudit sistem Smartfren, yang melakukan praktik curang pemotongan pulsa semena-mena/secara diam-diam. Ini bisa dialami oleh semua pengguna internet Smartfren.

Sumber dari : http://www.suarapembaca.net/report/reader/81669/pulsa-hilang-lewat-modem-internet

Catatan :
Saya juga sependapat bahwa SmartFren telah melakukan kecurangan dengan mencuri pulsa, terutama nomor kartu yang dipakai untuk internet, saya pastikan sisa pulsa pasti hilang dengan sendirinya. Tanpa ada pemberitahuan pulsa hilang kemana. Dan hilangnya pulsa bukan karena kena biaya internet, karena masa berlaku internet belum habis. Dan ini bukan kesalahan pengguna, terbukti setiap orang yang pakai internet smartfren pernah mengalami kehilangan pulsa.

16 komentar:

  1. Senasib mas.. pulsa saya ilang 10ribuan lebih... niatnya mau buat nambah kecepatan Turbo malah jadi melongo tadi pagi.... malah saya baca di kaskus ada yang ilang sampe 700ribuan.. bener-bener gila.. fanpage semarpret di fb gak ada jawaban apa-apa walaupun ratusan bahkan ribuan yang komplain, udah lapor ke Menkoinfo dan YLKI via fb tapi masih nihil respon.. nasib jadi rakyat kecil. Mampir ke web ku mas.. trims

    BalasHapus
  2. Banyak suara komplain lewat internet, tapi SmartFren gak berani tuntut balik pencemaran nama baik, membuktikan SmartFren memang benar "PENCURI PULSA" yg dicuri pun pulsa sendiri (yg udah dijual ke orang lain), masak "jeruk makan jeruk"

    BalasHapus
  3. ternyata bukan saya saja yang pulsanya hilang tanpa sebab...dasar smartfren pencuri pulsa

    BalasHapus
  4. siaalallaaan smartfen songgggong bannget deh ... apaan , gw juga ilang 10.000 tiap isi pulsa,siaal ganti modem gitu , aduh baru beli juga.. Nyesel gw SMARTFREN SONGONG

    BalasHapus
  5. smartfren tai anjing, gue juga sama!goblog!pindah dari smartfranjing ah..

    BalasHapus
  6. aku kecewa sm smartfren, kl dikalkulasi kerugian udah mencapai ratusan rb, bhkn sy reg data unl1 br -+ 2 mnt udah nongol peringatan "pls abis" buset ga lg2 skrg ak dah ganti kapok

    BalasHapus
  7. Yang laen ilang 10rb,gw ilang 50 rb lebih,amsyong pulsa gw...musti ada tindakan nyata klo ga pasti keulang terus nih...ada solusi ga?

    BalasHapus
  8. asuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu....... smarfren bangsat... pulsa lama lama jadi 0

    BalasHapus
  9. abis isi pulsa smartfren 50rb kmren, buat modem, pas di cek, udah masuk pulsanya. pas mau dipake, mendadak pulsa jadi 0 rupiah, .
    abis itu tadi isi lagi pulsa smartfren 50rb, pas dicek udah masuk tu pulsanya, pas mau buka google, langsung ga bisa, ternyata pulsanya 0 rupiah lagi.
    lah trus pulsanya kemana dong?

    BalasHapus
  10. provider perampok pulsa ya smartfren-lah jawabannya. bukan hanya 10.000, 20.000, 50.000, 100.000, sampai recehan juga pasti dirampok.

    BalasHapus
  11. sama gue isi pulsa 50 rb blm di pake dan dipaket internetin udah abis duluan...... tai

    BalasHapus
  12. Kasusu serupa sama menimpa saya dan beberapa teman saya,malah saya sudah melaporkan ke pihak YLKI,akan tetapi YLKI meminta saya untuk mengumpulkan korban minimal 5 orang dan menyarankan saya untuk tahan terhadap gertakan Smartfren

    BalasHapus
  13. DASAR SMARTFREN DAH LEMOT PAKE PENCURIAN PULSA SEGALA LAGI-_-

    BalasHapus
  14. Pulsa saya 65.000 masak mau daftar paket 60.000 gak bisa, katanya pulsa tidak cukup. Yang bener aja ....!! Trus saya isi lg 5.000, katanya masih gak cukup. Saya isi lagi 25.000 .baru bisa daftar paket .60.000. Sisa pulsa kok 11.000 yang seharusnya 35.000. Yang 24000 kemana...???

    BalasHapus
  15. betul tai banget ini mesti ada tindakan keras kLo engga smartfren makin gila gilaan !!!!!

    BalasHapus
  16. smartfren taek masa pulsa 60ribu gua habis padahal belum beli apa apa...
    pket internet unlimited masih ada terus pulsanya ke mana???
    Demo yu ke smartfren

    BalasHapus